Subscribe:

Labels

Sabtu, 14 Juli 2012

Membuat Halftone CorelDRAW




Mungkin Tutorial Corel DRAW ini akan terlihat sangat sederhana, tapi tidak ada salahnya saya berbagi kan? :D

Cara membuat halftone kita hanya menggunakan tehnik-tehnik dasar, bisa dibilang sangat dasar, itulah kenapa saya selalu bilang, “Pelajari dasar-dasarnya dulu” pada orang yang bertanya kepada saya, “bagaimana caranya biar cepet bisa?” karena menurut saya, kalau sudah mengerti benar dasar-dasarnya, kita bisa mengembangkannya dengan menggabung-gabungkan tools yang ada, dan yang terpenting ide... hehehe...

Okeh... tidak usah terlalu banyak berita basi lagi gan...

Langkah-langkahnya :

1. Pasti tidak lupa, buka dulu Corel dan buat New Document


2. Lalu buat lingkaran dan warnai hitam, ingat hanya hitam.

3. Kemudian Klik menu Interactive Transparency Tool

4. Ubah transparency typenya menjadi Radial seperti yang saya tandai biru

Kemudian klik dua kali di bagian yg saya tandai merah, maka akan muncul Windows berikut

Pada bagian yang saya tandai dengan nomor 1, ubah warnanya menjadi Hitam, dan nomor 2 menjadi Putih, maka akan terjadilah gradasi seperti gambar berikut

Yang saya tandai merah diatas untuk menyesuaikan gradasinya.

5. Kemudian jadikan Bitmap, Bitmaps >> Convert To Bitmaps, akan muncul Windows seperti dibawah ini.

Jangan lupa untuk Check semua kotak yg ada di Options, lalu klik OK

6. Kemudian Klik menu Bitmaps >> Mode >> Grayscale (8-Bit)

7. Lalu Klik kembali Bitmaps >> Color Transform >> Halftone... maka akan muncul windows previewnya seperti dibawah ini

Sesuaikan sendiri Blacknya lalu klik Ok

8. Disini Object masih berupa Bitmap, jika kita menginginkannya untuk menjadi Vector, kita tinggal Trace object tersebut. Berikut cara cepatnya :

9. Klik Kanan pada object >> Trace Bitmaps >> Line Art

10. Kemudian akan muncul Windows berikut

halftone

11. Sesuaikan Opsi-opsinya sesuka hati anda lalu klik OK

12. Jadi gan... Intinya seperti itu, kalaupun kita mau buat yg kotak juga bisa asal langkahnya seperti diatas hanya akan ada perubahan sedikit saja dan saya yakin juragan sekalian mampu mengatasinya

Demikian dari saya gan, Semangat dan semoga bermanfaat...
Tetap disini bersama kami di Ilmu Grafis gan... hehehe